Pengertian Komputer dan Seni atau Seni Komputer
A. Pengertian Komputer dan Seni atau Seni Komputer
a.
Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai
untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
b.
Seni
Seni pada mulanya adalah proses
dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa
ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan
manusia yang mengandung unsur keindahan.
c.
Seni Komputer
Seni komputer (Inggris: computer art) adalah jenis seni yang menggunakan komputer untuk membuat dan menampilkan suatu hasil karya seni tertentu.
Jenis kesenian kontemporer ini meliputi seni yang berkaitan dengan gambar (image), suara, animasi, video, CD-ROM, DVD-ROM, video game, web site, algoritma, pertunjukan atau
pameran foto (gallery).
Seni komputer diperkenalkan
pertama kali pada tahun 1963 oleh Joan Shogren dari San Jose State University yang menulis
program berdasarkan prinsip kesenian. Hasil karyanya ini kemudian dipamerkan
sebagai seni komputer pertama di sebuah kota San Jose, California pada tanggal
6 Mei 1963.
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Komputer dan
Seni
Komputer dan Seni dibagi menjadi
4 bagian yaitu :
a.
Komputer dan Seni Rupa
Banyak manfaat yang diberikan oleh
computer dalam hal seni gambar atau picture atau image. Manusia banyak dibantu
dalam berbagai hal yang meliputi dalam hal proses menggambar (creating image),
Mengubah gambar (image processing), Menyajikan gambar (image presenting).
Gambar yang diproses secara
komputasi di atas dapat berupa gambar apa saja dalam berbagai bentuk dari 2
dimensi hingga 3 dimensi. Dalam menggambar dengan system komputer, gambar
dibedakan dalam beberapa format yaitu :
- Web page ( HTML )
- GIF (Graphic Interchange Format) format untuk gambar yang dibentuk oleh berbagai garis dan hanya menggunakan beberapa warna.
- JPEG (Join Photographic Experts Group) format untuk gambar yang dibentuk oleh benyak warna dan spectrum seperti foto.
Format gambar ditentukan oleh
jumlah warna yang membentuknya. Berikut adalah klasifikasi gambar berdasarkan
warna yang membentuknya.
- 16 colors ( GIF )
- 256 colors ( GIF dan JPG )
- 16 milion ( JPG )
Foto dalam format JPEG yang
diproses memiliki berbagai format yaitu :
- BMP – bitmap
- TIF – Tagged Image Fite Format
- PCX – Zsoft Paintbrush
- WMF – Windows Metal File
Creating
Image
Menciptakan gambar dengan
komputer adalah menggambar dengan basis titik, baris dan bangun. Hingga saat
ini telah banyak software dan hardware yang diciptakan untuk membuat gambar.
Diantaranya :
· Paint Et Draw Programs Paint
· Microsoft Paint
· Lview pro
· Paint Shop Pro
|
· Core Photo Paint Draw
· Power Point
· Corel Draw
|
Tentunya banyak keuntungan yang
didapat dengan menggambar di komputer misalkan :
- Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar.
- Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan dapat diperbaiki di layar komputer.
- Dapat menciptakan gambar yang sulit dibuat manusia. Dalam proses ini manusia sebagai brainware diharapkan memiliki kemampuan untuk operasional, misalakan : Reizing an image, Cropping an image.
b.
Komputer dan Seni Musik
Dengan menggunakan perangkat
komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman,
pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat
mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai fiture seperti noise
reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman
dahulu tidak biasa dilakukan denga alat, harus disetting manual.
Ada dua kategori software yang
digunakan untuk menunjang musik, yaitu:
- Software Music Player
- Software Music Recording (Maker)
Beberapa software music player,
yaitu:
- Winamp
- Gom Player
- Windows Media Player
Beberapa software music maker,
yaitu:
- Steinberg Nuend
- Protools
- Sonar
- Adobe Audition
- Cubase SX
- Audacity
Untuk menghasilkan suatu karya
musik yang indah, tidak hanya dibutuhkan kepiawaian senimannya. Kini komputer
telah menunjukkan perannya dalam membantu manusia guna mewujudkan karya yang
indah. Hal ini dapat berupa sound effect, recording, maupun dalam music
arranger. Kali ini akan dibahas sedikit mengenai music arranger.
Music
Arranger
Langkah – langkah dalam Music
Arranger, Pertama kali kita harus menyiapkan alat – alat yang akan dipakai,
seperti :
a)
OS Macintosh. Menggunakan soundcard yang Latensinya bagus yang berfungsi untuk
mencegah suara yang terlambat untuk sampal ke komputer tersebut, karena bila
suara tersebut terlambat maka akan mengganggu proses editing.
b)
Kabel Midi, yang berfungsi untuk mengubah file Audio menjadi file Midi yang,
dipergunakan untuk mempermudah kerja komputer tersebut. Tetapi dalam
penggunaan Kabel Midi tersebut harus menggunakan sebuah software yang di
Indonesia Masih langka untuk didapat.
c)
Mixer yang berfungsi untuk mengatur volume secara manual, dan untuk membantu
kerja komputer tersebut menggunakan software, seperti : ProotoIs, sonar 3,
Nuendo, Cubase.
Di dalam penggunaan software ini
file untuk mengedit terbagi menjadi 2, yaitu :
- Audio dan Midi
- Format Lagu Digital
Pada awalnya ketuaran PC
(Personal Computer) komputer berbentuk visual: pertama kali pada kertas,
kemudian layar monitor. Tetapi sekarang komputer juga bisa bersuara, dan
bernyanyi.
Kompresi
Kompresi
atau pemampatan data memungkinkan data audio atau data jenis lainnya yang
berukuran besar-ditekan ukurannya menjadi jauh lebih kecil. Pernampatan ini
bisa memperkecil data jadi seperseputuh kali, bahkan seperseratus kalinya.
Semua teknik kompresi data bisa
digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:
a)
Lossless
Kompresi lossless dilakukan tanpa
ada kehilangan data. Salah satu teknik yang mudah misalnya menghilangkan
redundansi (data yang berulang-ulang) dalam file.
b)
Lossy
Kompresi lossy tidak hanya
menghilangkan redundansi saja, tetapi juga bagian data yang dianggap tidak
penting. Kompresi lossy umumnya dilakukan pada data multimedia, seperti gambar,
audio atau video.
Ripping
Mengkonversi
CD audio ke dalam format lain, umumnya MP3. Namun format alternatif lain yang
lebih baik dan lebih hemat tempat sekarang juga sudah umum.
MP3
Singkatan
dari MPEG, Audio Layer 3, MP3 menjadi format paling popular dalam musik
digital. Kepoputeran MP3 disebabkan karena ukuran filenya yang kecil dengan
kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan
dipatenkan oleh Fraunhofer Institute.
WAV
Standar
suara de-facto di Windows. Hasit ripping dari CD pada awalnya direkam dalam
format ini sebelum dikonversi ke format lain. Namun sekarang tahap ini sering
dilewati. File dalam format ini biasanya tidak dikompresi dan karenanya
berukuran besar.
AAC
AAC adalah
singkatan dari Advanced Audio Coding. Format ini merupakan bagian standar
Motion Picture Experts Group (MPEG), sejak standar MPEG-2 diberlakukan pada
tahun 1997. Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz – 2 kali MP3. Format ini
digunakan Apple pada toko musik online-nya, iTunes. Kualitas musik dalam format
ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah.
WMA
Salah satu
yang menyebabkan format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA),
disukai para vendor musik online adatah dukungannya terhadap Digital Rights
Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang
sangat ditakuti oleh studio musik saat ini.
Ogg Vorbis
(Ogg)
Ogg Vorbis
merupakan satu-satunya format file yang terbuka dan gratis. format lain yang
disebutkan di atas umumnya dipatenkan dan pengembang piranti lunak atau pembuat
peranti keras harus membayar lisensi untuk produk yang dapat memainkan file
dengan format terkait.
Dari segi
kuatitas, kelebihan Ogg Vorbis adalah kualitas yang tinggi pada bitrate rendah
dibandingkan format lain. Peranti lunak populer, Winamp dan pelopor pemutar MP3
portabet Rio sudah mendukung format ini dalam model terbarunya. Walaupun
demikian dukungan peranti keras terhadap format ini masih jarang.
Real Audio
Salah satu
format yang biasa ditemukan pada bitrate rendah. Format dari RealNetworks ini
umumnya digunakan dalam layanan streaming audio. Pada bitrate 128 kbps ke atas
ReatAudio menggunakan standar AAC MPEG-4.
MIDI
Format audio
satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti
etektronik lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog
karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan
akhir-akhir ini sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.
c.
Komputer dan Arsitektur
Kemudahan
menggambar dengan tehnik juga dirasakan pada bidang arsitektur. Kini desain
bangunan dapat dapat dibuat dalam perspective 3 dimensi bahkan animasi. Selain
itu desain yang dibuatpun tampak sangat nyata. Pada umunya desain yang dibuat
dengan komputer sangat mirip dengan banguna yang telah terealisasi. Software
yang digunakan misalnya ArchiCAD dan paralelo.
Image
Processing
Setelah
menciptakan gambar, komputer juga memiliki kemampuan untuk memproses gambar
yang telah dibuat. Proses dilakukan dengan berbagai tujuan namun tujuan
utamanya adalah memcapai keindahan yang mamuaskan. Gambar atau image yang
diproses dapat berupa gambar yang dihasilkan dengan komputer maupun sumber lain
seperti :
- Clip Atr Files, Web Page
- Scanning
- Print, Negatives, 355 slides
- Digital Camera
- Draw an Image from Scratch
Software yang digunakan ialah :
· Paint ( untuk proses pewarnaan )
· Lview Pro
· Paint Shop Pro
· Draw (untuk proses
menggambar)
|
· Power Paint
· Corel Draw
· ACDsee
|
Presenting
an Image
Setelah
diciptakan hasil karya seni yang telah dibuat kemudian akan disajikan dalam
berbagai wujud. Untuk itu dibutuhkan berbagai hardware untuk merealisasikan
karya seni ini. Printer adalah contoh yang sangat sederhana. Perkembangan
printer terus mengalami kemajuan. Salah satunya adalah large scale printer yang
biasanya digunakan untuk mencetak image dalam skala besar.
d.
Komputer dan Film (Video)
Dengan
adanya komputer saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin
canggih serta tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi
komputer dalam pembuatan video dapat ditambahkan atau diedit dengan fiture-fiture yang
ada untuk menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal.
Berikut ini software yang biasa
dipergunakan untuk mengedit video :
- Adobe Premiere Pro 1.5, software ini merupakan software utama, dimana semua potongan-potongan video disatukan disini.
- Ulead Video Studio 9, untuk membuat animasi, biasanya yang saya pergunakan adalah efek animasi album. Kemudian hasilnya diekspor ke format avi dan disatukan di Premiere. Saat ini sudah ada Ulead Video Studio yang versi 10.
- Pinnacle Hollywood FX 4.6, Plugin efek-efek Pinnacle untuk Adobe Premiere. Agak monoton dan jadul memang efek-efeknya, tapi kalau digabung dengan efek-efek lain bisa didapat hasil yang lumayan.
- Burger Plug In, Plug in efek-efek transisi yng cukup menarik untuk Adobe Premiere. Biasanya yang saya pergunakan adalah efek seperti blitz kamera untuk seolah-olah mengambil foto.
- TMPGEnc, Software untuk membuat mpg dengan hasil yg lebih bagus daripada langsung dari Adobe Premiere.
- Frame Server, sebuah software untuk bisa merender langsung dari Adobe Premiere ke TMPG Enc tanpa harus merender dahulu menjadi avi.
- Xara 3D dan Bluff Titler, untuk membuat animasi title.
Sedangkan untuk membuat sebuah
video sederhana bisa menggunakan software seperti webcam, picasa3, windows
movie maker.
Dengan
adanya software-software tersebut maka untuk penciptaan karya seni berupa video
akan dapat menghasilkan output atau hasil jadi yang lebih baik dan tentu
saja dengan kualitas yang terbaik. Hasil yang didapat tentu saja bukan hanya
bantuan dari software-software yang ada melainkan dengan unsur utama yang
sangat penting yaitu ide-ide kreatif dari manusia itu sendiri.
C.
Kekurangan
Akhir-akhir
ini pembajakan terhadap karya seni di Indonesia kian meningkat, sehingga
merugikan para pemusik tersebut dan tentunya Negara juga dirugikan. Karya musik
yang disajikan akhir-akhir ini terlalu banyak melakukan perubahan oleh file
Midi tersebut sehingga terdengar rapi dan bagus. Sehingga apabila ada konser
Live pasti penonton kecewa karena apa, yang disajikan tidak sebaik yang di
kaset. Misalnya : Konser AM 1, suara di kaset berbeda dengan penampilan Live,
ini disebabkan converter [Proses Edit] yang berlebihan.
Jadi dengan menggunakan teknologi
komputer kita dapat melakukan perekaman dan pengeditan dengan mudah dengan
bantuan fiture-fiture serta VSTi yang ada.Agar menghasilkan kualitas suara yang
maksimal. Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki
dampak negatif untuk seni yaitu:
- Maraknya pembajakan;
- Maraknya pencurian hak cipta;
- Mengurangi kreatifitas alami;
·
Maraknya Peredaran film
yang menyimpang.
D.
Kelebihan
Bagi
pendatang baru yang ingin terjun ke dunia musik tetapi tidak mempunyai
kemampuan yang lebih, maka dapat menggunakan file Midi tersebut. Karena dengan
menggunakan file Midi ini apa saja dapat terjadi, suara yang sember bisa
terdengar enak.
Sedangkan dampak positif komputer dalam
bidang seni:
- Hasil karya yang dihasilkan lebih telihat hidup dan indah.
- Untuk menunjukkan hasil karya jadi lebih mudah dengan cara mengupload di berbagai situs yang telah tersedia seperti youtube, 4shared, mediafire.
- Pengerjaan menjadi jauh lebih mudah dan tidak memakan banyak biaya.
·
Memudahkan user dalam menciptakan sebuah karya seni
yang berkualitas
·
Pekerjaaan dapat dikerjakan lebih mudah dan praktis
·
Waktu yang digunakan lebih cepat (Efisien waktu)
Jadi dengan
adanya teknologi komputer kita dapat meningkatkan kualitas kita dalam berseni
di segala bidang seni, tapi tetap saja yang terpenting dalam seni adalah seni
itu sendiri dan tastenya.
Manfaat
Pada masa awal dibuatnya komputer
diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring
perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu
pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali
ini kami akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni.
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis
seni antara lain:
- Seni Gambar
Dalam seni gambar, teknologi yang sering
digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan
gambar yang maksimal.untuk hal ini, diperlukan komputer dengan
program(photoshop,Coreldraw,dll) yang berfungsi sebagai media editting dalam komputer.
- Seni Musik
Pada seni musik, untuk membuat sebuah
hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer
untuk mengatur tempo,irama.
- Seni Film
Animasi, atau
lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari
pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan
komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah
dan cepat. Bahkan
akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film
animasi 2 dimensi.
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Komputer
dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu
menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis
data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian
problem-problem ilmiah, bisnis, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa.
Penggunaan komputer untuk mencari informasi di bidang Perbankan,
Transportasi, Pendidikan, Komunikasi Dan Teknologi Informasi data yang
diperoleh informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.
Seperti
dikutip dari BBC, seorang ilmuwan dari Institute for Computing in the
Humanities, University of Illinois, Amerika Serikat (AS), Kalev Leetaru,
mengemukakan bahwa sebuahkomputer super yang dibekali dengan berjuta-juta
informasi mampu memprediksi kejadian-kejadian besar di masa mendatang.
Teknologi Informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi
untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut
dengan berbagai bentuk media.
Dampak
Teknologi Informasi/Komputer tersebut terbagi atas 2, yaitu dampak positif dan
dampak negatif. Manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan
dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Dampak negative,
penggunaan komputer yang bertujuan untuk memperingan dan mempercepat pekerjaan,
di sisi lain bisa menimbulkan pengangguran, karena beban pekerjaan semakin
berkurang dengan adanya komputer, dan juga bisa menimbulkan beberapa penyakit
serta tindakan-tindakan asusila.
B. Saran
Dari semua
pembahasan tentang penggunaan komputer dan dampaknya ini tentunya kita dapat
mengambil suatu simpulan sendiri-sendiri, dan kami menyarankan umumnya kepada
semua pembaca dan khususnya kita para generasi penerus Bangsa supaya
menggunakan komputer dan juga teknologi yang semakin maju ini dengan
sebijak-bijaknya, agar kita bisa setidaknya mengurangi dampak negative yang ada
pada setiap hal tersebut, terimakasih.
0 Response to "Pengertian Komputer dan Seni atau Seni Komputer"
Post a Comment