Penggunaan Komputer dalam Perdagangan


2.1.           Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

2.2.   Pengertian Perdagangan

Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran uang. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual.

2.3.   Komputer dalam Perdagangan

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global, dimana era ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang perangkat utamanya adalah komputer. Informasi yang bisa dilakukan tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar, namun informasi yang disajikan bisa bersifat multimedia.
Kita dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisinis, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa.

2.4.   Manfaat dan Tujuan Komputer dalam Perdagangan

Apa jadinya jika perdagangan tidak menggunakan komputer? Sepertinya perdagangan yang di lakukan tanpa menggunakan komputer akan memperlambat kinerja untuk melakukan perdagangan tersebut. Dengan adanya komputer dalam perdagangan akan sangat membantu kinerja dari perdagangan tersebut dan memperlancar antara konsumen dan produsen maupun membantu dalam memproses perdagangan itu sendiri. Ada pun rincian manfaat dari komputer dalam perdagangan :
1.      Agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat,akurat,informatif dan efisien
2.      Memudahkan konsumen dan pegawai dalam melakukan transaksi perdagangan
3.      Membantu penyimpanan data perdagangan secara aman,
4.      Ketika melakukan transaksi lebih cepat dibandingkan dengan cara manual tanpa komputer
Tujuan penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk  kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. SIM  diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas(top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower managementi).
Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya. Pada  perusahaan  jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagainya.

2.5. Masalah dalam perdagangan sebelum computer muncul.

Sebelum muncul perangkat computer banyak permasalahan yang muncul karena pada saat sebelum computer ini muncul sistem perdagangan masih dikerjakan secara manual walaupun konsep-konsep system informasi itu sudah ada sebelum komputer ada namuan tetap saja terdapat kesulitan. Banyak kesulitan-kesulitan yang terdapat dalam perdagangan sehingga hasil yang diharapkan kurang maksimum.
          
Masalah-masalah tersebut antara lain:
·         Sistem Perdagangan yang manual sehingga susah untuk diedit jika terdapat kesalahan.
·         Susahnya komunikasi dalam perdagangan antara Negara-negara di dunia.
·         Ketertinggalan Informasi untuk memproduksi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat baik dari luar negri maupun dalam negeri.

2.6. Aplikasi yang digunakan dalam perdagangan

·         Inatrade
Digunakan oleh pihak pengusaha dalam proses pengajuan ijin eksport dan import. halaman aplikasi inatrade dapat dibuka dengan alamat: http://inatrade.kemendag.go.id
Berikut alur inatrade :

·         Search Engine
Search engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet, yang Digunakan dalam sistem perdagangan online.
·         mobile trading
Aplikasi perdagangan yang memungkinkan investor untuk mengakses platform perdagangan dari telepon mereka
·         H2H (Host to Host)
hubungan antar server, banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk hubungan koneksi, baik itu pertukaran data, pembiayaan, dll. Dalam dunia pulsa di gunakan untuk ajang tukar stok antar server.

2.7. Penerapan Komputer dalam Perdagangan Lainnya

2.7.1        Memproses data Transaksi dalam Jumlah Banyak.

Transaction Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual.Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lilngkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat peting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa interupsi sama sekali.Transaction processing systems (TPS) berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing systems). Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/inventori. Transaction processing systems menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal.
Contoh :
TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh SIM.

2.7.2        Menyimpan Hasil Transaksi, Persedian Barang-barang (Stock).
Komputer sangat membantu untuk memproses data dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk menyimpan hasil transaksi yang terjadi, inventaris persediaan (stock) barang.

2.7.3        Pembuatan Laporan Keuangan, Faktur, Surat-surat, Dokumen dan lain-lain.
Selain itu komputer sangat membantu untuk memproses data dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain.

2.7.4        Pembayaran Secara Elektronik
Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara elektronik dengan menggunakan credit card atau debit card.

2.8 Dampak Positif dan Negatif Komputer dalam Perdagangan

Tentunya segala sesuati tentunya terdapat positif dan negatifnya, begitu pula dengan Komputer dalam Perdangan, tidak sedikit keuntungan yang dapat kita peroleh dari pemanfaat computer dalam perdangan, namun di sisi lain terdapat pula sisi negative akibat Komputer dalam Perdangan, berikut Dampak positif dan Negatif dalam pemanfaatan Komputer dalam Perdagangan.
Dampak Positif :
1.      Komunikasi yang lebih baik
2.      Transportasi data yang cepat & aman
3.      Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat
4.      Efisiensi tenaga kerja.
Dampak Negatif :
1.      Manusia tergantung dengan computer
2.      Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti
3.      Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah dipassword.

3.0   Contoh aplikasi Komputer dalam Perdagangan dalam kasir

Hasil Pembayaran

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1.    Kesimpulan

Komputer berperan penting dalam perdagangan, apa jadinya jika perdagangan di lakukan tanpa menggunakan komputer? Sulit dibayangkan bukan. Perdagangan dalam era gobal ini sangatlah memerlukan informasi baik informasi tertulis, gambar maupun multimedia. Dengan itu komputer di adakan dan digunakan sebagai pembantu membangun perdagangan yang asalnya tidak menggunakan komputer yakni dengan secara manual sekarang komputer dapat menghiasi perdagangan menjadi lebih cepat, akurat, informatif dan efisien.

3.2.   Saran

Tidak selamanya komputer dapat membantu pekerjaan manusia secara sempurna. Ada banyak pengaruh negatif di samping pengaruh positifnya. Untuk itu perlu tinjauan kembali agar masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan jasa komputer dalam bidang perdagangan.







1 Response to "Penggunaan Komputer dalam Perdagangan"

  1. Best New Jersey Casinos 2021 | Online Gambling Sites
    The best casinos in 충주 출장마사지 the world offer the most exciting games 안동 출장안마 and bonuses and 고양 출장샵 offer the 서귀포 출장샵 most thrilling casino games and promotions. If 태백 출장샵 you are looking for

    ReplyDelete